Cara Tepat Merawat Ban Motor Agar Lebih Tahan Lama

Cara Tepat Merawat Ban Motor Agar Lebih Tahan Lama

Ban motor menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk terus diperhatikan dan dijaga kualitasnya demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Komponen ini menjadi bagian yang selalu bersentuhan langsung dengan jalan atau aspal. Oleh karena itu, tentu ban motor juga akan sering mengalami permasalahan seperti sudah halus, kurang angin, bocor, dan sebagainya.

Kondisi dari ban motor juga akan sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan. Ketika kondisi ban kurang angin, maka laju sepeda motor akan semakin berat. Dengan demikian, akselerasi sepeda motor akan menurun. Selain itu, jika ban sudah halus, maka cengkeraman ban dengan jalan akan menurun, sehingga dapat meningkatkan resiko tergelincir.

Cara Tepat Merawat Ban Motor Agar Lebih Awet

Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar ban motor Anda lebih tahan lama:

  1. Menggunakan Ban dengan Ukuran Standar

Setiap sepeda motor, pasti memiliki standar ukuran ban tersendiri yang telah dijadikan acuan dari pabrik motor tersebut. Produsen motor tentu saja telah mempertimbangkan ukuran ban yang paling pas, nyaman, dan aman untuk digunakan. Oleh karena itu, agar ban Anda lebih tahan lama, pastikan Anda menggunakan ban dengan ukuran yang standar.

  • Selalu Periksa Angin atau Tekanan Ban

Kualitas dan daya tahan ban juga akan dipengaruhi oleh angin atau tekanan angin yang ada di dalam ban. Apabila tekanan angin berada pada ukuran yang pas, maka ban juga akan nyaman dan aman digunakan. Ban juga dapat bekerja secara normal, sehingga akan lebih tahan lama. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memeriksa kondisi angin ban Anda.

  • Mengurangi Rem Mendadak atau Hard Brake

Melakukan rem mendadak ternyata juga sangat berpengaruh terhadap daya tahan ban. Ketika Anda melakukan rem mendadak, maka sebagian permukaan ban akan tergerus. Jika Anda banyak melakukan rem mendadak, maka besar kemungkinan ban akan mengalami halus sebagian.

Selain beberapa cara di atas, pastikan bahwa ban motor yang Anda gunakan telah berstandar nasional. Sebab, jika ban belum terstandarisasi, bisa jadi ban cepat mengalami kerusakan dan kurang aman untuk digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *